logo AIA Pedia

8 Langkah Hilangkan Bau Mulut Saat Puasa

loading...
8 Langkah Hilangkan Bau Mulut Saat Puasa
8 Langkah Hilangkan Bau Mulut Saat Puasa. Foto/The Health Site.
JAKARTA - Bau mulut atau halitosis merupakan masalah umum yang dihadapi oleh hampir semua orang. Beberapa orang menderita bau mulut sementara, untuk orang-orang yang menderita kronis, itu adalah masalah yang sangat memprihatinkan karena menyebabkan rasa malu yang sangat besar.

Bau mulut sendiri dapat terjadi selama puasa lantaran mulut kering akibat dehidrasi . Bau mulut di bulan Ramadhan merupakan ancaman sosial. Banyak orang mengalaminya baik itu dirinya sendiri maupun dari orang lain.

Kondisi ini mempengaruhi produktivitas dan kepercayaan diri dan juga orang lain. Kabar baiknya, menjaga kebersihan mulut dengan sebaik-baiknya, dapat membantu mengatasi masalah ini dan menikmati Ramadhan tanpa bau mulut.

Baca Juga : Mulut Kering, Gejala Baru Covid-19 yang Tak Boleh Diabaikan

Dilansir MNC Portal Indonesia dari Egypt Today, Senin (19/4) berikut beberapa tips yang dapat membantu menghilangkan bau mulut saat puasa.

1. Sikat gigi Anda setelah makan sahur. Selain itu, gunakan obat kumur dengan aroma mint atau green tea, guna mengusir bau mulut.

2. Setelah sikat gigi, gunakan benang floss untuk menghilangkan semua sisa makanan yang menyebabkan bau mulut. Ini karena menyikat gigi saja hanya membersihkan sekitar 60 persen permukaan gigi.

3. Selain menyikat gigi, Anda juga disarankan untuk menyikat lidah. Ini karena lidah juga berperan dalam proses mencerna makanan di mulut.

Baca Juga : Bisa Sebabkan Dehidrasi, Batasi Minum Kopi Saat Sahur

4. Anda juga disarankan untuk mengunyah permen karet mentol sebelum tidur. Ini berfungsi untuk membuat nafas Anda terasa lebih segar saat bangun sahur.

5. Jangan terlalu banyak mengonsumsi produk susu saat sahur. Ini karena produk susu dapat memicu timbulnya nafas yang bau.

6. Makan makanan yang sehat dan seimbang. Hindari mengonsumsi makanan yang beraroma kuat atau pedas.

Baca Juga : Tips Jadikan Sistem Kekebalan Tubuh Lebih Kuat saat Berpuasa

7. Kurangi makanan dan minuman manis. Ini karena dapat meningkatkan jumlah bakteri di mulut Anda.

8. Terakhir, berhenti merokok selama bulan puasa. Rokok yang mengandung tingkat keasaman tinggi dapat memicu timbulnya bau mulut.
(dra)
Top