logo AIA Pedia

Menstruasi Tidak Teratur Perlu Diwaspadai, Begini Cara Mencegahnya

loading...
Menstruasi Tidak Teratur Perlu Diwaspadai, Begini Cara Mencegahnya
Pada tahu gak sih Menoragia itu apa? Menoragia adalah kondisi di mana pada saat menstruasi mengalami darah yang berlebihan, dan itu perlu diwaspadai. / Foto: ist
JAKARTA - Podcast Kata Dokter selalu punya informasi seputar kesehatan yang keren dan menarik dan pastinya sangat bermanfaat yang disampaikan langsung dr. Nadia Alaydrus, penasaran? Langsung aja deh dengerin Podcast Kata Dokter di RCTI+.

Baca juga: Ngabuburit dengan Beragam Aktivitas Asyik dan Seru bersama Keluarga di Lido Lake Resort by MNC Hotel di Bogor

Pada tahu gak sih Menoragia itu apa? Menoragia adalah kondisi di mana pada saat menstruasi mengalami darah yang berlebihan, dan itu perlu diwaspadai. Karena menstruasi yang normal terjadi sekitar 2-8 hari, jika lebih dari itu perlu diwaspadai ya.

Nah, di podcast Kata Dokter kali ini, dr. Nadia akan berbincang seputar masalah yang sering terjadi pada wanita yaitu menstruasi yang tidak teratur, yang akan ditemani oleh dr. Mohammad Haekal, Sp.OG.

Sebagai pembuka, dr. Haekal menjelaskan bahwa penyebab menstruasi yang tidak teratur itu bisa disebabkan dari stress, penyakit tiroid, hormon prolaktin yang meningkat, obesitas, dan bisa karena obat-obatan yang kita minum, hingga PCOS.

"Sebenarnya PCOS tuh apa sih?" tanya dr. Nadia. "PCOS kepanjangan dari Polycystic Ovarian Syndrome. PCOS merupakan kumpulan dari tiga gejala, yaitu menstruasi tidak teratur atau jarang menstruasi, hiperandrogen atau kelebihan hormon androgen, dan polycystic atau gejala yang menyerang indung telur," jawab dr. Haekal.

Dr. Nadia kembali bertanya pada dr. Haekal, "Terus kalau cara untuk mencegah PCOS ini ada gak dok?"

"Cara mencegahnya mungkin sejak dari dini, jadi jika memang kita di diagnosis oleh dokter sebagai wanita dengan PCOS, nah kita harus menyadari itu bahwa suatu hari jika kita hamil dan punya anak perempuan, mungkin gen bawaan itu akan jatuh ke anak-anak perempuan, itu point nomor satu. Poin nomor dua, setelah menyadari itu dan dia hamil, dia harus menyadari bahwa konsumsi gula yang berlebihan akan mempunyai efek pada bayinya," jawab dr. Haekal.

Dr. Haekal juga menyampaikan bahwa jangan meremehkan menstruasi yang tidak teratur. "Sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan yang ahli mengenai menstruasi yang tidak teratur itu," kata dr. Haekal.

Baca juga: Selain Sukses Lahirkan Talenta Musik, Indonesian Idol Juga Tumbuhkan Industri Ekonomi Kreatif Indonesia

Nah kalau kalian penasaran mengenai menstruasi dan penyebab lainnya tentang PCOS, langsung aja dengarkan secara lebih detail hanya di Podcast Kata Dokter bersama dr. Nadia Alaydrus dan dr. Haekal eksklusif hanya di aplikasi RCTI+ atau langsung klik link ini: https://radio.rctiplus.com/player-music?contentType=podcast&contentId=3959 .

Download aplikasi RCTI+ di Play Store dan App Store untuk bisa menikmati banyak konten seru lainnya atau melalui link https://www.rctiplus.com .
(nug)
Top